[mixtape] Merdeka Bung!

Memilih lagu-lagu untuk dimasukkan ke dalam satu playlist bertema peringatan hari kemerdekaan RI ternyata bukanlah perkara yang mudah. Sama halnya dengan menyusun playlist untuk bulan Ramadhan, kesulitan utama adalah memilih lagu-lagu yang tidak preachy dan menyuarakan nasionalisme secara banal. Namun jika ditengok kembali, sebenarnya ini kembali ke masalah selera saja. Bagi sebagian orang, lagu ‘nasionalis’ tertentu mungkin dianggap sangat norak dan banal, terlepas dari betapapun populernya lagu tersebut (sebut nama: Cokelat – Bendera atau Netral – Garuda di Dadaku), tapi bagi sebagian orang lainnya bisa jadi berpendapat sebaliknya. Sangat subjektif penilaiannya.

Menurut saya sendiri, lagu-lagu yang patut didengar ulang pada momen peringatan tujuhbelasan tidak harus selalu bernuansa puja puji berlebihan terhadap negara. Tidak harus eksplisit tersurat dalam lirik-liriknya tentang kecintaan teramat dalam terhadap tanah air. Terkadang sebuah lagu yang tak secuil pun menyebutkan kata “Indonesia” dalam liriknya mampu  menggugah rasa kesadaran berbangsa karena secara tersirat memang bertutur seputar masalah tersebut. Namun tidak ada salahnya juga lagu-lagu yang mengusung semangat nasionalis menyertakan banyak lirik berbunyi “Indonesia”, “Garuda”, “Negeri/Tanah Airku”, “Merah Putih”, dsb. Meski terkesan obvious tapi kalo lagunya enak (dan gak terlalu sering diputer di TV sehingga jadi eneg) kenapa nggak?

Tentu playlist bertema ini tidak akan lengkap tanpa kehadiran lagu-lagu nasional, bukan semata lagu pop, yang telah melekat di kepala dari jaman SD. Makanya, lagu nasional favorit saya sepanjang masa, Tanah Airku ciptaan Ibu Sud, mutlak harus berada di urutan pertama. Semoga Tuhan menjamin surga untuk Ibu Sud yang telah menciptakan lagu sesederhana tapi seindah ini. Di playlist ini yang digunakan adalah yang versi instrumental oleh Addie MS atau yang juga dikenal sebagai “soundtrack kabin pesawat Garuda Indonesia ketika landing”. Juga ada lagu nasional favorit saya lainnya: Indonesia Pusaka yang dibawakan oleh Nial Djuliarso.

Lagu tentang Indonesia selayaknya adalah lagu yang mengingatkan akan rumah. Tempat bermuaranya setiap perjalanan. Juga tentang keadaan ‘rumah’ tersebut. Bagaimana cara merawatnya, membesarkannya, dan menjaganya dengan baik. Tentunya juga tak terlupa dengan kehadiran lagu-lagu “pop nasionalis” yang ringan dan ngena. Semuanya terangkum dalam mixtape 8tracks berikut yang juga berisi lagu-lagu dari Pee Wee Gaskins, Efek Rumah Kaca, Chaseiro, dan lainnya. Sila nikmati dan… Merdeka!

 

Hsinchu, 17 Agustus 2015. Pertama kalinya merayakan 17an di negara orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s