Enam Jam di Sukabumi

Kenapa Sukabumi? Karena Bogor (dan Bandung) terlalu mainstream hehehe.. Pilihan bagi warga Jadetabek untuk melakukan one day trip dengan kendaraan umum ke luar kota kini memang telah bertambah, tidak lagi hanya melulu mengandalkan kedua kota tersebut. Adalah pengaktifan kembali jalur KA Bogor-Sukabumi yang dilayani KA Pangrango yang memungkinkan hal tersebut.

Jadwal perjalanan KA Pangrango dari Bogor ke Sukabumi paling pagi adalah pukul 07.55. Cukup pas untuk keperluan seharian penuh di lokasi tujuan. Kereta berangkat dari Stasiun Bogor Paledang yang berjarak sekitar 300 meter dari Stasiun Bogor (Utama). Cukup susuri rel kereta api yang mengarah ke sisi belakang Taman Topi Square aja, nanti pasti udah keliatan bangunan stasiunnya yang terhitung kecil dan sempit. Mungkin akan lebih cocok disebut halte/pemberhentian ketimbang stasiun. Kalo tiba 30 menit sebelum waktu keberangkatan akan lebih baik, soalnya antrean pemeriksaan tiket menjelang keberangkatan lumayan barbar :)

image

Stasiun (atau lebih cocok disebut sebagai: Halte) Bogor Paledang

KA Pangrango ini formasinya 2 gerbong eksekutif, 1 gerbong restorasi, dan 3 gerbong ekonomi. Untuk yang eksekutif harga tiketnya Rp 50.000 sedangkan untuk kelas ekonomi cuma Rp 20.000. Jika ingin menggunakan jasa KA ini ketika weekend, sangat dianjurkan untuk tidak membeli tiketnya secara go show. Mending booking tiket pp dari seminggu sebelumnya karena kereta ini rupanya cukup banyak fans-nya :). Booking hari selasa aja udah hampir keabisan tiket baliknya. Jangan sampe bisa berangkat gak bisa pulang (atau terpaksa menempuh perjalanan Sukabumi-Bogor yang macet banget).

Perjalanan menuju Sukabumi menghabiskan waktu sekitar dua jam. Menurut pandangan subjektif saya, pemandangan di jalur ini lebih spektakuler daripada jalur Cikampek-Bandung. Selama perjalanan, di sisi kiri dan kanan akan disuguhi panorama Gunung Gede-Pangrango dan Gunung Salak. Belum lagi terkadang ada sekelebatan view DAS Cisadane. Juga kehidupan masyarakat di sekitar pinggir rel yang (masih) ramah dengan keberadaan KA (anak-anak kecilnya lebih suka nge-dadah-in kereta alih-alih nimpukin). Di jalur ini juga akan ditemui Stasiun Cicurug yang dipenuhi gerbong-gerbong berisi Aqua kemasan galon yang siap didistribusikan ke Jakarta. Never thought my daily dose of drink water originated from this place :).

Pilihan pemberhentian akhir untuk wisata seharian di Sukabumi ada dua: Stasiun Cisaat atau Stasiun Sukabumi. Jika hendak berkunjung ke area Situ Gunung dan sekitarnya bisa turun di Cisaat, satu stasiun sebelum pemberhentian terakhir di Stasiun Sukabumi. Sedangkan kalo niatnya mau city tour di Kota Sukabumi doang, silakan berhenti di Stasiun Sukabumi. Waktu ke sana saya turunnya di Cisaat dan naik kembali untuk bertolak ke Bogor dari Sukabumi.

image

584 meter dari permukaan laut

Kereta akan tiba di Stasiun Cisaat sekitar pukul 09.45 (kalo di Sukabumi sekitar pukul 10.00). Dari stasiun jalan sebentar ke arah kiri buat nyegat angkot ke pertigaan Polres Cisaat. Dari situ, tinggal nyebrang jalan dan jalan kaki 100 meter ke arah Pasar Cisaat tempat ngetemnya angkot merah tujuan Kadudampit. Angkot ini akan membawa ke gerbang TN Gunung Gede-Pangrango dan dari sini tinggal milih: belok kiri ke arah Situ Gunung (1 km), atau lurus ke arah Curug Sawer (1, 7 km). Mengingat keberangkatan KA balik ke Bogor adalah pukul 15.45 (sayangnya gak ada pilihan waktu keberangkatan yang lebih malam), maka waktu yang tersedia untuk dihabiskan di sini hanya sebentar: cuma sekitar 2-3 jam. Jadinya agak mustahil untuk mengunjungi keduanya dalam one day trip.

image

Which way to go?

Jika memutuskan ke Curug Sawer, bersiaplah dengan medan jalan setapak yang menggetarkan sukma hahahaha.. 5 hm pertama mungkin bisa dilalui dengan santai dan riang gembira. Tapi 1,2 km sesudahnya adalah suatu siksaan yang mengharu biru. Tanjakan terjal-turunan curam-jalan berbatu yang licin (repeat 100x). Meskipun penderitaan terbayar lunas ketika telah tiba di lokasi curugnya, perjalanan pulang untuk menempuh jalur yang sama lagi menjadi suatu PR tersendiri. Untungnya ada kang ojeg yang siap menghantar para turis Jakarta yang manja ini ke gerbang TN dengan tarif Rp 25.000. Perjalanan menempuh rute memutar lewat jalur Cinumpang dengan medan yang gak kalah more than words (baca: extreme). Motor yang dipacu menaklukkan turunan dalam kecepatan tinggi dengan kiri kanan berupa jurang dipastikan akan membuat boncengers terus mengingat kebesaran Tuhan :D

image

Sungai kecil yang akan diseberangi ketika menyusuri jalan setapak menuju curug

image

Getting closer…

image

Curugus Xaverius van Kadudampit

image

Penampakan dari dekat. Curugnya lumayan tinggi dan deras airnya. Nyari mati sih kalo main air pas di bawahnya :D

Sebenernya bisa-bisa aja kalo mau minta kang ojeg buat nganterin ke Situ Gunung (atau jalan kaki yang cuma 1 km). Tapi berhubung waktu keberangkatan kereta balik ke Bogor kian mendekat jadinya opsi itu dilewati saja. Lagian, sepertinya Situ Gunung lebih berasa nuansa magisnya kalo dikunjungin pagi-pagi (yang otomatis mensyaratkan bermalam di sekitar area tersebut). Untuk kepulangan, KA Siliwangi ke arah Bogor juga bisa dinaiki dari Stasiun Cisaat, tapi pastinya akan lebih afdol jika berangkatnya dari Stasiun Sukabumi. Tentunya tak lupa membeli buah tangan ala kadarnya sebagai tanda sah telah berkunjung ke kota ini. Bukan album Vagetoz yang pasti, melainkan kue mochi yang paling hits se-Sukabumi di Gang Kaswari. Dari pertigaan Polres Cisaat tinggal naik angkot ijo ke arah Kota Sukabumi dan dari situ tinggal gunakan GPS (guide penduduk setempat) untuk menuju ke sana. KA Siliwangi menuju Bogor akan meninggalkan stasiun tepat pukul 15.45 jadi jika dihitung dari waktu ketibaan di Cisaat, +/- 6 jam telah dihabiskan di Kabupaten/Kota Sukabumi.

image

Stasiun Sukabumi yang dikungkung pasar kumuh dan becek. Agak kurang kondusif sebagai etalase utama Kota Sukabumi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s