Keliling Singapura Seharian Bermodal SGD 50

Beberapa waktu lalu Singapura dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Sebuah gelar yang sedikit membuat gentar bagi para pelancong bermodal cekak untuk bisa menjelajahi negara tersebut. Masalahnya, Singapura adalah tujuan paling mainstream bagi sebagian besar warga negara Indonesia untuk menghirup udara luar negeri untuk kali pertama. Jarak yang relatif dekat dan seringnya frekuensi promo tiket penerbangan murah bisa jadi menjadi faktor utama yang menyebabkan hal tersebut, sebagaimana yang telah saya lakukan sekitar seminggu yang lalu.

Oktober 2013 lalu AirAsia menggelar promo diskon tiket ke beberapa destinasi internasional. Salah satu yang termurah adalah ke Singapura dengan all-in fare hanya sebesar Rp 65.000. Sixty five fucking thousand rupiah for an overseas flight! Bahkan lebih murah daripada tarif travel ke Bandung yang sekarang berkisar di angka Rp 80.000-an. Agak menipu sih emang karena belom ditambahin komponen airport tax sebesar Rp 150.000, tapi harga serendah itu udah cukup membutakan mata. Meskipun waktu itu belum punya paspor ijo, langsung nekat aja book satu tiket one-way trip ke sana untuk memuaskan hasrat impulsif melihat harga yang di luar batas kewajaran. Sengaja milih one way, bukan return flight, karena rencananya pulangnya akan dari Malaysia. Sayang aja kalo cuma dapet cap paspor dari satu negara untuk liburan yang susah didapat kesempatannya.

Karena rencananya cuma seharian penuh di Singapura jadinya budget pun dibuat seminimalis mungkin. Meskipun, tetep, seminimalis-minimalisnya budget ke Singapura tetep aja berasa menguras tabungan. Rasanya nyesek banget waktu nukerin duit sekitar Rp 500.000 di money changer cuma dapet selembar duit SGD 50. Betapa gak berharganya mata uang negaraku… *hiks* Selembar duit yang kalo sampe ilang bakal bikin buyar semua rencana perjalanan. Selembar duit yang bakal dicukup-cukupin (kalo perlu pake puasa makan :p) biar bisa mencapai target yang telah ditetapkan selama di sana. Sebagai orang Indonesia yang baik dan berdedikasi tentunya juga tidak dapat mengelak dari ‘kewajiban’ membeli buah tangan untuk kolega-kolega terdekat. Jadi duit selembar SGD 50 itu pun harus cukup buat ongkos transportasi selama muter-muter seharian, makan & minum (jika dirasa perlu), dan souvenir khas dari negeri jiran ini. Sebuah misi yang lumayan memeras otak :))

Kisah selembar duit SGD 50 itu pun berawal di Stasiun MRT Changi. Berhubung udah dapet pinjaman kartu EZ-Link jadi gak harus beli starter pack-nya lagi dan cukup top up aja dengan nominal minimal SGD 10. Sebenernya rada takut kurang sih soalnya itu kartu bakal dieksploitasi seharian penuh dengan bergonta-ganti moda transportasi umum. Yang bikin tricky itu karena ada aturan EZ-Link hanya bisa digunakan selama sisa saldo masih ada SGD 3. Jadi dari  SGD 10 yang diisi, secara de facto cuma akan bisa dimanfaatkan sebesar SGD 7. Lebih-lebih buat yang harus beli starter pack EZ-Link seharga SGD 12 (SGD 5 biaya kartu (non-refundable) + SGD 7 saldo (refundable)) dan mau gak mau harus top up lagi sebesar SGD 10 (karena dari saldo SGD 7, nilai riil-nya hanya SGD 4). Belom apa-apa udah keluar biaya SGD 22 tuh.. :|

Oke, jadi sekarang modal saya tinggal SGD 40. Untuk masalah ongkos transportasi sekarang sudah bisa dilupakan sejenak karena sudah tercover dalam EZ-Link. Begini rinciannya:

[MRT] Changi-Tanah Merah: SGD 1.16

[MRT] Tanah Merah-Outram Park: SGD 1.53

[Bus 75] Opp Outram Park-Lucky Twr: SGD 0.77

Yang di atas ini adalah rute dari Changi menuju KBRI Singapura karena rencananya mau nyoblos dulu di sana. Setelah selesai nyoblos, dari KBRI rencananya mau ke area sekitar Raffles Landing Site dulu baru nyambung jalan kaki ke Merlion Park. Jadi gak turun di halte Fullerton Hotel, tapi di Victoria Concert Hall. Enaknya adalah cukup naik bus 75 yang tadi aja, gak perlu gonta-ganti kendaraan (transit) lagi.

[Bus 75] Opp Lucky Twr-Victoria Concert Hall: SGD 1.16

Setelah puas ngejelajahin area Clarke Quay, Raffles Landing Site, dan sekitaran Merlion Park, perjalanan dilanjutkan ke area Bugis dan Arab St (Masjid Sultan) sekalian sholat jamak zuhur dan ashar di sana.

[MRT] Raffles Place-Bugis: SGD 0.77

Sengaja gak belanja souvenir di Bugis Street Market dulu karena rencananya itu akan dilakukan di Chinatown aja. Balik lagi ke Stasiun MRT Bugis untuk menuju Stasiun MRT Harbourfront untuk menuju Sentosa Island (cuma buat poto di bola dunia USS sama Merlion gede doang… #orangsusah)

[MRT] Bugis-Harbourfront: SGD 1.31

Nah.. baru segitu aja ternyata udah ngabisin saldo EZ-Link sebanyak SGD 6.7. Walhasil waktu nyeberang dari Harbourfront (Vivo City Mall) ke Sentosa pun jadi lebih memilih jalan kaki via Sentosa Broadwalk yang cuma kepotong SGD 1 dari EZ-Link ketimbang naik monorel yang ongkosnya SGD 4, hehe.. Jalan kakinya ‘cuma’ sekitar 800 meter, itu pun terbantu dengan adanya travelator yang meringankan langkah. Untuk balik lagi ke mainland baru naik monorel karena itungannya gratis.

Demi kenyamanan dan mengusir rasa was-was maka EZ-Link pun terpaksa saya top up lagi. Sialnya nominal top up terkecil cuma SGD 10 yang membuat harta saya kini menjadi SGD 30 (asumsi belum beli makan dan minum). Untuk minum sebenernya udah bermodal tempat minum kosong yang diisi tap water waktu di Changi, tapi karena ribet nyari kran tap water yang emang dikhususkan buat minum untuk isi ulang (bukan kran di toilet umum) maka jadinya terpaksa beli air mineral botolan 500 ml yang kisaran harganya SGD 1-2. Pokoknya buat budget sekali makan besar dan beberapa kali minum + snack kira-kira abis SGD 10 deh.. Pro tip: beberapa Sevel di Singapura juga menerima EZ-Link sebagai alat pembayaran, lumayan buat menghemat duit cash.

Lanjut lagi.. Sisa duit cash sekarang tinggal SGD 20. Misi selanjutnya adalah beli souvenir di Chinatown. FYI, barang-barang di Chinatown lebih murah daripada di Bugis, jadi lebih baik beli di sini aja. Gantungan kunci 30 biji bisa didapat dengan harga SGD 10, dan magnet kulkas serenteng cuma SGD 5. Setelah mengamankan oleh-oleh (yang bikin duit cash cuma tersisa SGD 5!), lanjut kembali menuju kawasan Marina Bay Sands untuk ngeliat city lights CBD Singapura ba’da maghrib. Naik MRT yang downtown line langsung ke Stasiun Bayfront yang terletak persis di bawah MBS. Dari sana bisa jalan kaki sambil nikmatin suasana menuju ke arah Stasiun Raffles Place dengan menyusuri Helix Bridge, tribun buat F1, Esplanade, Merlion Park, dan nyeberang ke Fullerton Hotel. Lumayan gempor sih, tapi pemandangan Singapura malam hari yang breathtaking bisa dengan maksimal dinikmati di sini.

IMAG1248

Kayak ini..

IMG_2316

Atau ini..

IMAG1260

dan ini..

[MRT] Harbourfront-China Town: SGD 1.02

[MRT] China Town-Bayfront: SGD 0.87

Dari Raffles Place bisa-bisa aja kalo mau ke Orchard dulu. Kalo mau ke sana pun saldo EZ-Link masih sangat mencukupi, tapi kawasan pusat perbelanjaan itu gak menarik minat saya. Tujuan saya emang tinggal nyeberang ke Johor Bahru buat naik kereta ke KL. Dari Raffles Place tinggal naik MRT ke arah Kranji (bukan yang di Bekasi) dan nyambung bus 170.

IMAG1266

Stasiun Kranji. Di depannya ada Naga Swalayan (itu Kranji yang di Bekasi…)

[MRT] Raffles Place-Kranji: SGD 1.89

[Bus 170] Kranji-Johor Bahru Immigration Checkpoint: SGD 1.00

Setelah menjejakkan kaki di tanah Malaysia, sisa duit cash saya masih ada SGD 5 dan saldo EZ-Link masih tersisa sekitar SGD 9. Itu pun udah bisa beli oleh-oleh, makan berat sekali, beli roti dua kali, air mineral empat kali, sama mengunjungi destinasi-destinasi utama di Singapura. Ternyata bisa-bisa aja keliling Singapura seharian cuma bermodal selembar duit SGD 50, meskipun betis dan perut sedikit menjadi tumbal demi pengiritan :))

Advertisements

6 thoughts on “Keliling Singapura Seharian Bermodal SGD 50

  1. Mas, dari Changi MRT ke Raffles Station itu berapa lama durasi perjalannya? Info yang didapat tidak sampai 15 km jaraknya.
    Need sharing :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s