Google’s Guide to Pemilu 2014

“Pemilihan Umum telah memanggil kita, seluruh rakyat menyambut gem-bi-ra…” (ah yang boneng gan?!)

Tapi Pemilu Legislatif 2014 memang sudah di depan mata, sekitar satu bulan dari sekarang. Momen ketika rakyat digiring ke dalam TPS untuk mencoblos tanda gambar tertentu yang (katanya) berisi orang-orang pilihan  yang akan  memperjuangkan aspirasi rakyat untuk Indonesia yang lebih baik, makmur, adil, sejahtera, gemah ripah loh jinawi jer basuki mawa bea jalesveva jayamahe…

*PRETTTT!!!!*

Meskipun kita (KITA??!!) tau semua harapan itu lazimnya berujung pada kekecewaan (seperti pada pemilu-pemilu sebelumnya), mungkin tak ada salahnya untuk menumbuhkan kembali asa yang terpendam dan menumpukan harapan baru kepada insan-insan yang bernaung di bawah partai politik ini. Toh tidak ada ruginya. Kalaupun mereka kembali mengkhianati mandat yang telah diberikan, ini akan kembali membuktikan skill paling mumpuni yang dimiliki rakyat Indonesia: bertahan hidup di negeri auto-pilot.

Lalu saya mesti milih partai apa? Ah, naif sekali pertanyaanmu, kisanak.. Bukankah tinggal menanyakannya pada rumput yang bergoyang si mbah yang tahu segala, sakti mandraguna, penguasa jagad dunia maya bernama Google? Terkadang hasil penelusuran dari suatu entri di Google dapat mewakili wisdom of the crowd terhadap subjek dimaksud, dan bisa digunakan sebagai rujukan individu dalam menentukan pilihan. Berawal dari iseng ketika mengetikkan suatu entri penelusuran terkait parpol dan persepsi masyarakat, inilah rangkuman jawaban Google atas pertanyaan “partai mana yang jangan dipilih di Pemilu 2014?” Metode ini memang sama sekali gak ilmiah dan non-konvensional, tapi terbukti secara empiris kok.. *halah*

1. Partai Paling Korup

ImageDari beberapa hasil penelusuran di halaman pertama, sepertinya Partai Demokrat dan PDI Perjuangan saling bersaing ketat untuk memperebutkan titel partai terkorup. Jadi, untuk sementara daftar Jangan Dipilih 2014 adalah: Partai Demokrat, PDI Perjuangan.

2. Partai Paling Munafik

ImageWah kalo yang ini udah gak ketolong.. 100% hasil penelusuran menghasilkan nama partai yang sama :D Meskipun bisa jadi isi artikelnya menyatakan kebalikannya, tapi siapa suruh pake judul reverse psychology haha. Jadi, daftar Jangan Dipilih 2014 nambah satu: Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PKS.

3. Partai Paling Neolib

ImageIni agak aneh, semua partai sepertinya menyanggah kalo mereka berideologi neolib. Padahal ideologi tersebut cukup menjual bagi sebagian konstituen loh. Semuanya mengesankan diri paling sosialis, paling dekat dengan wong cilik. Tapi biasanya yang kayak gitu jatohnya munafik juga.. *iyain aja* Jadi sekarang daftar Jangan Dipilih 2014 bertambah satu lagi: Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PKS, Gerindra.

4. Partai Paling Miskin

ImageKalo partainya aja miskin gimana bisa bikin maju negara? Gimana mau konsumtif? Tau gak konsumsi domestik masih menjadi proporsi terbesar dari PDB Indonesia? Hah? Hah? *sok banget* Untuk kategori ini, semua partai sepertinya saling berlomba-lomba untuk memiskinkan diri. Mungkin biar dapet citra teraniaya dan mengundang simpati masyarakat gitu maksudnya.. Hahaha, #fail kalian semua. Terpaksa saya masukkan ke dalam daftar Jangan Dipilih 2014 yang makin panjang saja: Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PKS, Gerindra, PKPI, Hanura, PBB, Partai Golkar.

5. Partai Paling Nepotis(me)

ImageLagi-lagi ada yang menang mutlak. Sayangnya gak bisa masuk dua kali ke dalam daftar Jangan Dipilih 2014. Partai paling korup dan nepotis(me). Predikat yang teramat negatif untuk parpol yang pada pemilu sebelumnya berslogan “Katakan Tidak Pada Korupsi”.

Dengan demikian, final list daftar Jangan Dipilih 2014 adalah Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PKS, Gerindra, PKPI, Hanura, PBB, dan Partai Golkar. Apakah itu membuat Partai Nasdem, PKB, PAN, dan PPP menjadi parpol nasional yang layak untuk dipilih di Pemilu 2014? Tentunya tidak. Karena pada dasarnya semua partai sama saja, hahahaha..

Selamat menjadi lumbung suara yang kemudian dicampakkan, rakyat Indonesia sekalian. Mudah-mudahan secepatnya kita tidak lagi hanya bisa sekadar memilih the lesser evil. :)

Advertisements

One thought on “Google’s Guide to Pemilu 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s