My First Race

Gratisan dan ada hadiahnya. Itu kayaknya yang jadi pemicu utama saya sehingga memutuskan buat ikutan Mandiri Run 26 Mei 2013 lalu. Gak perlu bayar karena tinggal nukerin poin mandirifiesta dan (konon) bakal ada hadiah buat finisher. Plus tentunya racepack yang isinya ada kaos dry-fit. Lumayan buat nambah koleksi kaos.

Tapi bukan itu aja sih, kondisi lingkar pinggang yang sepertinya bertambah melar juga jadi konsideran. Jalan kaki doang kayaknya kurang kalo buat ngurangin dosa berat badan, meskipun sekali jalan bisa 2-4 km sendiri. Pas ada lomba lari hura-hura gini ga ada salahnya buat dicoba, toh pengalaman baru juga.

Sialnya, pada dinihari sebelum Mandiri Run ini ada final Liga Champions. Padahal race dimulai jam 6.30, yang berarti harus berangkat naik KRL pertama dari Bekasi jam 5 pagi. Jadi pada hari itu mungkin cuma tidur sekitar 3 jam-an doang :D Lomba lari dalam kondisi kurang tidur, plus gak pake latihan pula.. Practice? What practice? Emang cuma modal dengkul doang nih (literally).

Image

Race pack dan bib number. Kaos dry-fitnya lumayan bagus, dari apparel ternama asal España: Joma.

Sampai di Senayan City jam 6.15 ternyata udah penuh sama sesama peserta. Kalo liat di website-nya, total yang daftar 2000 orang, 1700 umum, 300 internal Mandiri. Jumlah itu kebagi 2, pelari 5K yang menjadi mayoritas dan sisanya 10K. Mungkin cuma newbie yang kurang waras kalo milih 10K di debut race-nya, makanya dengan kesadaran penuh saya pilih 5K dong.. hahaha… Rute buat 5K tergolong simpel, cuma lari dari Sency ke Bunderan Senayan, lurus terus sepanjang Sudirman ngelewatin fX dan GBK, lewat kolong Semanggi, naik ke Gatsu, turun di Plangi, lurus lagi ngelewatin Sudirman sampe finish di Sency lagi.

Image

Masih pada bisa ketawa-tawa di garis start

Image

Nah, arah balik ke garis finish selepas SCBD bisanya tinggal cuma jalan doang.. Exhausted euy! :))

Dari curi-curi dengar pas masih belum mulai, rata-rata yang ikutan ternyata juga sesama newbie, dan pada janjian kalo nanti kecapekan dibawa jalan aja. Kebetulan, ternyata banyak temennya! hehehe.. Pas eksekusinya ternyata juga cuma kuat lari non stop sampe depan fX doang, sisanya kombinasi jalan kaki-lari (dengan porsi jalan kaki yang lebih dominan).

Image

Hasil statistik dari Endomondo. Rata-rata 1 km ditempuh dalam waktu hampir 9 menit. Ckckck…memalukan! (dan ‘cuma; ngebakar 350 kalori pula)

Image

Dibandingin sama catatan resmi dari race-nya, waktu tempuh lebih cepat sekitar 20-an detik. Yang pasti ini yang lebih akurat, pake chip yang ditaro di sepatu soalnya

Buat para finisher emang gak dapet medali, tapi sebagai gantinya Mandiri ngasih gelang e-money preloaded IDR 50K yang bisa dipake buat transaksi finansial selayaknya kartu Mandiri prabayar lainnya. Ternyata event ini juga digunakan untuk launching produk ini. Setelah ngaso sejenak, langsung mencoba kesaktian gelang ini di festival jajanan yang digelar di tempat yang sama. Pas pulang naik TJ juga tinggal nge-tap gelang ini ke reader yang ada di mulut halte dan berhasil. Boleh juga ide produk ini.

Image

Kebetulan dapet yang diincer: warna biru langit dengan tulisan “Hope”.

“Ikut race kayak gini bukan untuk berlomba dengan orang lain, tapi berlomba untuk mengalahkan diri sendiri”. Bener juga sih kata-kata ini. Karena udah pernah ngerasain ikut race, jadi penasaran ikut race-race lain buat mempebaiki catatan waktu pribadi. Meskipun, tetep aja jarang (baca: gak pernah) pake acara latihan-latihanan. Race terdekat yang udah didaftarin itu Jakarta International 10k 23 Juni nanti (yang tentunya juga gratis biaya pendaftaran dong, hehe). Karena ga ada kategori 5K terpaksa ikutan yang 10K. Only God knows how long ’till i reach finish line there, but the most important thing: “To dare is to do”.* :)

*) dikutip persis seperti yang sering saya liat di sisi stadion White Hart Lane

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s